Rekomendasi Hadiah Ulang Tahun Berdasarkan 8 Tipe MBTI (part 1)

Diposting pada

Hadiah Ulang Tahun untuk Tipe MBTI INTJ, INTP, ENTJ, ENTP, INFJ, INFP, ENFJ, ENFP

Setiap orang memiliki jenis kepribadian yang berbeda. Dalam tes MBTI (Myer-Briggs Type Indicator) ada 16 kategori kepribadian. Kategori-kategori kepribadian didefinisikan melalui akronim 4 huruf yang memiliki arti khusus, misalnya I untuk kepribadian Introvert dan E untuk Ekstrovert.

Hadiah Ulang Tahun yang Cocok sesuai MBTI Teman atau Pasangan

Artikel ini akan membahas rekomendasi hadiah ulang tahun untuk tipe MBTI INTJ, INTP, ENTJ, ENTP, INFJ, INFP, ENFJ, dan ENFP.

Memilih hadiah ulang tahun bisa menjadi hal yang membingungkan. Terkadang rasa takut melanda kalau-kalau teman atau pasangan tidak menyukai hadiah yang kamu berikan.

Namun, ada cara untuk mengetahui cocok tidaknya hadiah ulang tahun. Ya! Lewat tipe kepribadian MBTI!

Tanyakan saja hasil tes MBTI-nya. Jika teman atau pasanganmu belum mengetahuinya, mintalah dia untuk melakukan tes MBTI yang banyak tersebar di internet.

Berikut rekomendasi hadiah ulang tahun untuk teman atau pasangan sesuai MBTI.

1. INTJ – Si Arsitek

Sketchpad Beside an Open Book

Photo by ROMAN ODINTSOV from Pexels

INTJ memiliki karakter utama imajinatif, strategis, dan seorang perencana. Karena mereka seorang perencana, kamu bisa menghadiahi INTJ dengan:

  1. Buku jurnal untuk menulis jadwal padat mereka.
  2. Ajaklah ke acara sesuai hobi mereka. Jangan lupa atur secara spesifik, dari jam pertemuan, tempat, dan rencana kegiatan yang akan dilakukan. Ketika kamu mengatur jadwal, INTJ akan merasa lebih tenang untuk pergi denganmu.

2. INTP – Si Ahli Logika

Close-Up Photo of a Person's Hands Holding a Basket with Vegetables

Photo by ANTONI SHKRABA from Pexels

Dari ke-16 tipe, INTP paling tidak suka dengan hadiah. Bagi mereka, hadiah hanyalah barang irasional dan tidak berguna. INTP biasanya akan bingung jika harus memberi hadiah kepada orang lain. INTP memiliki kepribadian inovatif, rasa ingin tahu yang tinggi, dan seorang yang sangat logis.

Jika menurut mereka barang tidaklah penting, cobalah ajak mereka ke acara-acara pameran, seminar dari idola mereka, atau tur museum. Tempat-tempat tersebut bisa memuaskan rasa penasaran INTP yang tinggi.

Kamu juga bisa memberikan mereka hadiah yang bisa mereka buat sendiri (DIY Project), misalnya bahan makanan atau bahan untuk campuran minuman.

3. ENTJ – Si Ngatur-ngatur

Red paper shopping bag on gray ground

Photo by Angela Roma from Pexels

ENTJ memiliki karakter yang berani, berkeinginan kuat, dan imajinatif. Beberapa orang menganggap ENTJ sedikit bossy dan narsis. ENTJ memiliki standar yang tinggi sehingga tidak akan takut untuk mengkritik hadiah yang kamu beri.

Tapi, jangan khawatir. Kamu bisa memberikan ENTJ sebuah hadiah sederhana dengan kualitas tinggi atau bahkan barang bermerk.

4. ENTP – Si Tukang Debat

Person Doing Bungee Jumping

Photo by Carlos Ruiz from Pexels

ENTP memiliki karakter yang pemberani, cerdas, dan rasa ingin tahu yang tinggi. Di antara 16 MBTI, ENTP cenderung lebih berjiwa petualang. Mereka menyukai olahraga ekstrem atau makanan pedas.

Berikan hadiah berupa “pengalaman” unik, misalnya makan di restoran bertema horor atau bungee jumping! ENTP juga menyukai hadiah yang unik. Kamu bisa memberikan mereka custom skateboard atau permen dengan rasa yang aneh ketimbang memberikan mereka hadiah biasa seperti buku atau parfum.

5. INFJ – Si Advokat

Close-up of tea, flowers and book

Photo by Melike Benli from Pexels

INFJ memiliki karakter pendiam, misterius, dan cenderung idealis. Pemikiran INFJ yang dalam bisa menganggap hadiah remeh pun sebagai barang yang berharga.

Cobalah berikan INFJ buku dan teh bunga untuk diseduh sembari membaca.

Hadiah lain yang bisa kamu berikan adalah barang vintage atau daur ulang. INFJ dikenal sebagai tipe yang peduli lingkungan.

Baca juga: Rekomendasi Hadiah Ulang Tahun Berdasarkan 8 Tipe MBTI (part 2)

6. INFP – Si Penengah/Mediator

Girl in White Shirt Lying on Brown Textile

Photo by cottonbro from Pexels

INFP penuh dengan energi positif. Mereka tidak akan membuang hadiah apapun yang kamu berikan. Itulah kenapa mereka memiliki karakter yang puitis, baik, dan selalu mendahulukan kepentingan orang lain.

Jangan sia-siakan kebaikan INFP! Hadiahkan INFP dengan pengalaman relaksasi, misalnya kelas yoga bersama, spa, atau ke salon.

7. ENFJ – Si Protagonis

Green Plants Inside a Terrarium

Photo by Krolina Grabowska from Pexels

ENFJ memiliki karakter karismatik dan seorang pemimpin yang baik. Kadang, ENFJ terlalu peduli dengan sekitar sampai lupa dengan dirinya sendiri. Cobalah terapkan self-care bersama ENFJ, seperti berolahraga dan skin-care bersama.

ENFJ juga menyukai alam. Berikan mereka bibit tumbuhan, satu pot tanaman buah, terrarium kaktus, atau pergi berkemah atau piknik bersama.

8. ENFP – Si Juru Kampanye

People Handing Over a Brown Box

Photo by RODNAE Productions from Pexels

ENFP memiliki daya kreativitas tinggi, antusias, dan sangat out-going. Keterbukaannya bisa menerima hadiahmu apapun bentuknya. Berikanlah mereka kejutan.

Hadiah yang bisa berguna untuk ENFP adalah alat-alat untuk menunjang kehidupan sehari-hari mereka, misalnya power bank, food processor, atau brush make up. Ajaklah mereka ke acara bakti sosial terdekat.

Itu tadi rekomendasi hadiah ulang tahun untuk teman atau pasangan sesuai MBTI versi Tumbooh. Jadi sudah tidak bingung lagi kan memilih hadiah ulang tahun? Semoga mereka suka, ya!

Komentar, dong, apa tipe MBTI-mu dan pasangan?

***

sumber foto: pexels.com

Gambar Gravatar
Suka nonton film