Punya Orang Tua yang Strict? Yuk, Simak 8  Cara Menghadapi Strict Parents

Punya Orang Tua yang Strict? Yuk, Simak 8  Cara Menghadapi Strict Parents

Diposting pada

Kamu punya orang tua yang strict dan bingung gimana cara menghadapinya? Kamu ada di artikel yang tepat. Artikel ini akan memberikanmu tips 8 cara menghadapi strict parents

Di artikel sebelumnya kamu sudah mengetahui apa itu strict parents dan ciri-cirinya. Apakah orang tuamu termasuk salah satunya? 

Memiliki strict parents kadang memang membuat anak menjadi lebih teratur hidupnya. Namun, tidak jarang juga banyak anak justru merasa tertekan dengan pola asuh otoriter ini. Ketika anak merasa tertekan, hal itu tentu akan berdampak pada kehidupan si anak. 

Oleh sebab itu, ketika memiliki orang tua yang strict, kita harus tahu cara terbaik untuk menghadapinya. Selain meminimalisir pertengkaran, hal itu juga bisa mengurangi rasa tertekanmu. 

Cara Menghadapi Strict Parents

1. Usahakan Untuk Berperilaku Baik

Cara menghadapi strict parents yang pertama yaitu usahakan untuk tetap berperilaku baik. Meskipun kadang peraturan yang dibuat orang tua membuatmu tertekan, usahakan untuk tidak melawan dengan cara memberontak ya. 

Sebab, hal itu kadang justru membuat orang tua semakin bertindak keras kepadamu. Usahakan untuk berperilaku baik dengan tidak melawan mereka. Bisa jadi hal itu akan membuat mereka mau untuk lebih mengerti dirimu. 

2. Berusahalah Untuk Lebih Dekat dengan Orang Tua

Terkadang memiliki strict parents membuat anak menjadi kurang dekat dengan mereka. Padahal dengan berusaha untuk lebih dekat dengan orang tua bisa menjadi salah satu cara untuk meluluhkan hati mereka. Sehingga kamu tidak akan merasa terlalu tertekan.

Cobalah untuk lebih terbuka kepada orang tua. Kamu bisa menceritakan kegiatan sehari-harimu atau keinginan-keinginan yang ingin kamu wujudkan. Mungkin saja dengan cara itu, orang tua akan menyadari jika anak mereka juga memiliki cita-cita yang ingin dicapai dan akan mendukung cita-cita sang anak. 

3. Terimalah Orang Tuamu Apa Adanya

Cara menghadapi strict parents yang ketiga yaitu terimalah orang tuamu apa adanya. Kadang, memiliki orang tua yang strict membuatmu iri kepada teman-temanmu yang bisa merasa bebas kemanapun atau melakukan apapun. 

Tapi, jangan paksa mereka untuk berubah, ya. Sebab, hal itu justru akan membuatmu lelah secara fisik maupun batin. Cobalah untuk melihat hal positif dari memiliki orang tua yang strict.

4. Percayalah pada Diri Sendiri

Perbedaan pendapat antara anak dengan orang tua merupakan hal yang sering terjadi. Terutama pada keluarga dengan orang tua yang strict, perbedaan pendapat ini kadang akan berdampak sangat serius. 

Ketika kamu memiliki pendapat yang berbeda dengan orang tua mengenai impianmu, jangan langsung menyerah begitu saja, ya. Berikan penjelasan secara perlahan kepada mereka jika impian atau pilihanmu bukanlah hal yang buruk. 

Percayalah pada diri sendiri dan buktikan pada mereka bahwa kamu bisa mencapai impianmu itu. Tunjukkan hal-hal kecil yang berhasil kamu capai yang berhubungan dengan impianmu itu. 

5. Manfaatkan Kepercayaan yang Diberikan Orang Tua

Ketika orang tua memberikan kepercayaan kepadamu untuk menentukan hal yang kamu inginkan, manfaatkan kepercayaan itu sebaik-baiknya. 

Jangan lakukan hal-hal yang bisa membuat orang tua merasa kecewa. Seperti sengaja berbohong, pacaran melebihi batas, pergaulan bebas, dan sebagainya. 

Sebab, ketika kamu sekali saja membuat orang tua kecewa, mereka akan kehilangan kepercayaan kepadamu. Akibatnya, mereka akan menjadi lebih ketat lagi dalam mengatur dan mengawasi kehidupanmu. 

6. Bersabar

Cara menghadapi strict parents yang keenam yaitu dengan bersabar. Mungkin terdengar sangat klise. Namun, cara ini adalah cara yang memang harus dilakukan oleh anak-anak dengan orang tua yang strict. 

Sabarlah dengan aturan-aturan yang diberikan oleh orang tua. Ambil sisi positif dari memiliki orang tua yang strict. Namun, kamu juga bisa perlahan-lahan mencoba untuk membebaskan dirimu agar tidak terjerat dengan aturan-aturan orang tua. 

7. Alihkan Pembicaraan ke Hal yang Positif

Cara menghadapi strict parents selanjutnya yaitu dengan mengalihkan pembicaraan ke hal yang positif. Cara ini bisa kamu lakukan ketika orang tua mulai mengkritikmu. Atau saat mereka membicarakan keinginannya yang bertentangan dengan dirimu. 

Ketika kamu merasa pembelaanmu membuat suasana semakin panas, tahanlah emosimu. Cobalah untuk menerima pendapat orang tua. Kamu juga bisa mencoba untuk mengalihkan pembicaraan ke hal yang positif dan menyenangkan. 

8. Me Time

Cara menghadapi strict parents yang terakhir yaitu dengan melakukan me time. Kadang, memiliki orang tua yang strict membuatmu merasa tertekan dan stres berada di rumah. 

Kamu bisa coba melakukan me time untuk membuat pikiranmu lebih rileks sejenak. Tidak harus pergi ke tempat jauh. Sekedar berjalan-jalan di sekitar rumah atau taman pun akan membuatmu sedikit melupakan tekanan orang tua. 

Me time ini merupakan cara yang wajib kamu coba, loh. Tidak hanya membuat pikiranmu rileks, me time juga akan membuat kesehatan mentalmu tetap terjaga. Selain itu me time juga bisa menumbuhkan kesabaranmu untuk menghadapi strict parents. 

Penutup 

Itu dia 8 cara menghadapi strict parents dari Tumbooh.com. Buat kamu yang punya strict parents, tidak ada salahnya kok menyuarakan pendapatmu. Tapi, ingat! Kamu juga tetap harus menjaga kesopanan dan jelaskan pendapatmu dengan cara yang baik, ya. Semangat!

Sumber Foto : Photo by Andrea Piacquadio