7 Tips Menabung untuk Kamu yang Sulit Menyisihkan Uang

7 Tips Menabung untuk Kamu yang Sulit Menyisihkan Uang

Diposting pada

Banyak orang kesulitan menabung karena tidak bisa mengontrol dirinya sendiri. Membeli barang yang tidak dibutuhkan hingga mudah tergoda dengan diskon. Bagi kamu yang sulit menyisihkan uangmu, cobalah beberapa tips menabung di bawah ini agar pemasukan tidak habis begitu saja dalam sekejap mata.

1. Buat catatan pengeluaran

Sebelum mulai menabung, kamu harus tahu berapa pengeluaran yang akan dibelanjakan. Catat semua pengeluaran hingga yang terkecil, seperti uang parkir atau membeli jajanan ringan. Mencatat pengeluaran adalah salah satu tips menabung untuk masa depan.

Setelah semua data pengeluaran tercatat, kelompokkan pengeluaran tersebut berdasarkan kategori. Jumlahkan pengeluaran setiap kategori, misalnya makanan, transportasi, dan pengeluaran lain-lain.

Jika merasa malas melakukan pencatatan semacam ini, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi gratis yang banyak bertebaran di internet.

Contoh aplikasi pengatur keuangan:

  • AndroMoney
  • Money Manager Expense & Budget
  • Money Lover
  • Monefy
  • Wallet
  • Mint

2. Buat skala prioritas

Setelah membuat daftar pengeluaran, sebaiknya kamu juga membuat skala prioritas atas daftar tersebut. Skala prioritas penting dibuat untuk mengetahui pengeluaran apa saja yang wajib kamu lakukan dan pengeluaran apa yang bisa dipangkas.

Dari daftar ini, kamu bisa mengurangi pengeluaran karena akan menemukan hal-hal tidak penting yang tidak masuk ke dalam prioritas.

Beberapa pengeluaran yang harus kamu prioritaskan:

  • Biaya makan
  • Transportasi
  • Biaya sewa tempat tinggal (jika ada) dan listrik
  • Pengeluaran rutin kebutuhan rumah (perlengkapan mandi dan bersih-bersih)
  • Dana hiburan (nonton film, membeli barang favorit, dan lain-lain)
  • Dana darurat
  • Anggaran tabungan

3. Tetapkan anggaran untuk ditabung

Setelah tahu semua pengeluaran yang kamu butuhkan, sisihkan sisa pemasukan untuk dimasukkan anggaran tabungan. Anggaran ini harus disisihkan sejak awal, jangan menunggu uang sisa di akhir bulan. Dengan mengikuti anggaran yang kamu buat sendiri setiap bulan, menabung akan terasa lebih ringan. 

Anggaran tabungan berbeda dengan anggaran dana darurat. Dana darurat bisa diambil sewaktu-waktu ketika dibutuhkan. Namun, anggaran tabungan ini tidak boleh kamu ambil jika belum benar-benar membutuhkannya.

Kunci dari menabung adalah disiplin terhadap diri sendiri. Tips menabung yang satu ini harus kamu ikuti untuk mengumpulkan jumlah tabungan sesuai keinginanmu dengan cepat.

4. Kurangi pengeluaran yang tidak penting

Banyak dari kita mudah tergiur dengan iming-iming diskon dan promosi, padahal sebenarnya tidak terlalu membutuhkan barang tersebut. Konsumsi impulsif semacam inilah yang membuat pengeluaran tiap bulan membengkak dan tidak ada dana untuk ditabung.

Untuk tips menabung yang mudah ini, kamu harus memiliki kontrol diri yang kuat. Jangan terlalu mudah tergoda membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Jika membeli sesuatu secara impulsif, biasanya akan muncul rasa menyesal setelah barang tersebut dibeli. Itulah mengapa kita harus memiliki kontrol diri yang kuat terhadap diskon, promosi, maupun barang murah. Kamu bahkan bisa menyewa laptop bila kamu belum memiliki kemampuan untuk membelinya. simak harga sewa laptop untuk mahasiswa disini.

Contoh pengeluaran yang kurang penting:

  • Pengeluaran yang tidak teratur
  • Keanggotaan gym yang tidak digunakan
  • Pembayaran berlangganan otomatis (Netflix, Spotify, dll)
  • Boros dalam penggunaan alat elektronik

5. Tetapkan target angka tabungan

Setiap orang pasti memiliki tujuan masing-masing dalam menabung. Ada yang dananya akan dipakai untuk membeli barang tertentu atau hanya sebagai simpanan. Jika kamu sulit menyisihkan uang, mulailah dengan menabung atas hal-hal yang membuatmu senang. Misalnya kamu menabung untuk membeli buku bacaan favorit atau album idolamu.

Menabung dari hal-hal kecil dan menikmati hasilnya seperti akan membuatmu merasa bangga dan puas. Setelah menahan godaan, akhirnya kamu bisa menikmati hasil tabunganmu. Rasa puas tersebut semakin lama semakin besar sehingga kamu ketagihan menabung untuk mendapatkan hal-hal yang kamu inginkan.

6. Perhatikan pertumbuhan tabungan

Lakukan review tabungan setiap bulan. Apakah ada kemajuan? Atau justru tidak bertambah? Tips menabung ini bertujuan untuk mengevaluasi tabungan dan mencari solusi jika ditemukan masalah.

Misalnya, pertambahan jumlah tabungan yang sangat lambat pasti dipengaruhi beberapa hal. Kamu perlu meninjau ulang daftar pengeluaran dan skala prioritas yang telah dibuat. Mungkin ada beberapa pengeluaran kurang penting yang masih dilakukan.

7. Cari pendapatan tambahan

Tidak semua orang memiliki jumlah pendapatan dan pengeluaran yang sama. Ada beberapa orang dengan penghasilan yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jika memungkinkan, kamu bisa mencari penghasilan tambahan. Mungkin dari pekerjaan freelance atau part time. Ini akan membantumu mendapatkan dana untuk ditabung. Namun, jika tidak memungkinkan untuk melakukan hal tersebut, tak perlu dipaksakan.

Contoh sumber pendapatan sampingan yg bisa dicoba

  • Freelance penulis
  • Jualan online
  • Part time
  • Menjual barang bekas

Ada banyak tips menabung, tetapi yang terpenting adalah kontrol kita terhadap diri sendiri. Jika kuat menahan godaan, maka tabungan akan lebih cepat terkumpul. Kalau tips menabung yang efektif versi kamu apa, nih?

Sumber foto: Foto oleh maitree rimthong dari Pexels